DedyBahar

PENYELESAIAN TUGAS MAGANG KKPI

Posted on: 12 November 2010


PT. CAMPINA ICE CREAM INDUSTRY


1. Komoditas Perusahaan

PT. Campina adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan ice cream dan makanan beku, sesuai dengan salah satu Visinya yakni Menjadikan PT. Campina Ice Cream Industry sebagai salah satu produsen ice cream dan makanan beku terbaik dan terbesar di Indonesia.

Contoh dari produk PT. Campina adalah:

1. Ice Cream Cup

avatar cup, blue jack didi, oympia

 

2. Ice Cream Stick

liliput nuts, tropicana, hula-hula kacang hijau, bazzoka mede, heart

 

3.  Mini Pack

neopolitan, tiramizu fudge, tripolitan, chocolate ekstra brownies, durian

 

4. Water Ice

fantasy, petit

 

5. Ice Cake

blackforrest, cassata, starbright, sweet heart, tiramizu

Dari gambar diatas sudah dijelaskan sebagian produk-produk Campina dari yang ice cream (cup, sundae, stick, dll)  dan juga yang berbentuk makanan beku (ice cake). Bermacam-macam produk ini menjadi bukti bahwa Campina consisten padsalah satu Misinya yakni Memiliki kepekaan tinggi untuk senantiasa berorientasi kepada pasar dan pelanggan, karena itu Campina selalu membuat inovasi-inovasi baru di bidang ice cream dan makanan beku.

 

2. Penanganan Quality Qontrol

Di dalam PT. Campina selalu dilakukan analisa baik secara kimia fisika ataupun secara microbiologi baik dari kedatangan bahan baku/Raw Material sampai produk telah menjadi Ice Cream… Dalam pengambilan sample pada Raw Material PT. Campina menggunakan sistem military sample, apabila setelah pengujian didapat hasil yang tidak memenuhi standar Campina maka  material tersebut akan langsung di rejeck/ditolak.

contoh pengujian secara kimia fisika:

1) Raw Material

gula rafinasi ==> uji kebersihan, uji kepolaran, uji pH, uji kadar air.

delicio couting fat ==> uji FFA, Uji kadar air, dll.

2) Air

a. PDAM –> uji pH dan Organoleptik

b. air RO –>Uji pH, uji hardness, uji TDS, Uji zat organik, uji organoleptik

c. air boiler –> uji pH, uji hardness, uji natron value, uji sulfit, uji pospat

3) Accesoris Material

Crincle –>uji TS, uji pH, uji Fat, uji organoleptik

tape ketan –> uji brik, uji pH, uji organoleptik, dll.

4)Mixing (adonan Ice)

cek temperatur, uji TS, uji pH, uji density, uji Fat

5) Line Production

cek pemerataan acessoris, uji organoleptik, uji jumlah dan kualitas Ice dalam kardus

6) Produk Akhir

uji fisik, uji organoleptik, uji jumlah

 

Pengujian diatas dilakukan oleh seorang QC dimana QC di Campina dibagi menjadi QC packaging, QC lab kimia fisika, QC line production dan QC microbiologi. Dalam Campina selalu dilakukan audit internal secara berkala baik dari bagian gudang, produksi dan labolatorium, karena ini untuk memenuhi salah satu Kebijakan Mutu dari Campina sendiri yakni Berkomitmen untuk selalu meningkatkan standar kualitas.

 

3. Penanganan Limbah

Untuk penanganan limbah Campina lebih mengedepankan pada sistem Rework yang artinya limbah tersebut akan diolah kembali menjadi barang yang lebih berguna.

Seperti untuk limbah kardus akan dikumpulkan dan di kirim ke tempat daur ulang sedangkan sampah plastik akan di pres dan di satukan dengan alat seperti pada gambar di bawah ini.

dan kemudian juga akan di daur ulang, sedangkan limbah berupa cairan akan di salurkan ke bagian penampung limbah SIER (Surabaya Industrial Estate Rungkut) yakni pengelola daerah industri dimana Campina berada, sehingga dalam PT. Campina tidak ada pengolahan limbah khusus namun sudah dipastikan semua limbah tidak akan mencemari lingkungan. Seperti yang tertuang dalam Visi dari Campina yakni Memegang teguh prinsip usaha yang bersahabat dengan lingkungan, dan sesuai dengan salah satu Kebijakan Mutu K3 yakni Menjalankan usaha yang ramah lingkungan (mencegah pencemaran lingkungan).


 

4. Pola Kerjasama, Anak binaan Usaha

Campina membuka peluang masyarakat menjadi mitra Campina Scoop Counter. Campina Scoop Counter (CSC) adalah salah satu channel usaha unggulan PT. Campina Ice Cream Industry yang menawarkan sistem Business Opportunity kepada masyarakat umum. CSC melayani penjualan produk es krim dengan berbagai macam variasi menu yang penyajiannya dengan cara scooping ke dalam wadah tertentu (cone, cup, maupun wadah lainnya). Dengan menjadi mitra CSC, memungkinkan kita bisa meraih margin keuntungan yang tinggi. Para mitra CSC juga akan mendapatkan dukungan dan bimbingan manajemen dari PT. Campina Ice Cream Industry yang sudah ahli dan terpercaya di bidang industri es krim. Sehingga hal ini membuka peluang bagi masyarakat untuk menjalin hubungan kerjasama dengan PT. Campina.

 

 

5. Kepedulian ke Lingkungan sekitar Perusahaan (beasiswa, Rekruit tenaga kerja sekitar, dana social, pengabdian masyarakat dll)

Pada bagian ini Campina termasuk dalam Perusahaan yang merekrut tenaga kerja dari masyarakat sekitar, karena Campina berada dalam sebuah kawasan industri Rungkut maka masyarakat yang di pekerjakan berada di sekitar daerah tersebut seperti dari daerah rungkut tengah, rungkut kidu kutisari, kendang sari, dan daerah-daerah sekitar lainnya. Hal ini sesuai dengan salah satu Misi dari Campina yakni Menjalankan usaha dengan memperhatikan lingkungan dan masyarakat sekitar.

 

Daftar Pustaka : http://www.campina.co.id/


1 Response to "PENYELESAIAN TUGAS MAGANG KKPI"

slmt pagi,, saya mau tanya.. dulu waktu km magang di campina, sistem magangnya apa servis kelas?? kalo iya itu maksudnya gmn ya,, mnf maaf sebelumnya..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 13,604 hits

my twitter

calender

November 2010
M S S R K J S
« Mei   Des »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

kolam

%d blogger menyukai ini: